PERPUSTAKAAN DESA GEGER GIRANG GENEM MENJADI SARANA LITERASI MASYARAKAT DESA LANGKO

  • Sep 26, 2023
  • admin desa langko

Langko - Sesuai Undang undang nomor 43 tahun 2007 tentang perpustakaan, pemerintah pusat, provinsi, kabupaten hingga desa mempunyai kewajiban menganggarkan perpustakaan desa. Seperti halnya Desa Langko yang sukses membangun perpustakaan desa bernama Perpustakaan Geger Girang Genem, Senin (25/09/23).

Perpustakaan Desa Langko menyediakan fasilitas membaca dan belajar yang memadai yang sesuai dengan kondisi, situasi, wilayah, dan kebutuhan masyarakat. Adapun berbagai macam buku yang disediakan dalam perpustakaan ini, yaitu buku pengetahuan umum, cerita anak, sejarah, pertanian dan masih banyak lagi. 

Perpustakaan Geger Girang Genem didirikan dengan tujuan dapat menjadi media atau sarana untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan membaca guna mencerdaskan kehidupan masyarakat desa. Peran perpustakaan desa menjadi sarana rekreasi sosial bagi masyarakat pedesaan karena masyarakat bisa menghabiskan waktunya lebih banyak dan bermanfaat dengan membaca buku di perpustakaan. Selain itu, dengan adanya perpustakaan desa, maka masyarakat desa mendapatkan sarana literasi yang lebih baik.

(Lingsar, Langko/FDIK/Hulpa Idayani, Indah Rismawati Putri)