Ming. Apr 5th, 2020

Sadar Wisata/ POKDARWIS

2 min read

Desa Langko merupakan salah satu Desa di Kecamatan Lingsar Kabupaten Lombok Barat yang mempunyai potensi alam yang sangatlah indah dan bagus untuk di kembangkan khususnya sebagai wisata alam, karena di Desa Langko ini terdapat bebagai sumber mata air dan goa sehingga melihat dari latar belakang tersebut pemuda Desa Langko dan sekitarnya ingin mencoba menjadikan potensi tersebut untuk dimanfaatkan secara maksimal yang tergabung dalam bentuk kelompok dan diberi nama Kelompok Sadar Wisata (POKDARWIS). Selain memanfaatkan potensi alam secara maksimal pemuda Desa Langko juga berupaya untuk memberdayakan masyarakat sekitar agar bisa mengelola wisata secara mandiri.

Pemberdayaan masyarakat merupakan upaya untuk meningkatkan harkat dan martabat lapisan masyarakat yang dalam kondisi sekarang tidak mampu melepaskan diri dari perangkap kemiskinan dan keterbelakangan, upaya ini dilakukan dengan memperhatikan sasaran yakni masyarakat agar bisa berdaya dalam menjalani kehidupan. Masyarakat dapat secara mandiri bisa dan berdaya dalam menentukan kehidupan. Pemberdayaan masyarakat dalam rangka peningkatan kapasitas masyarakat dalam berbagai aspek pendidikan, ekonomi sosial, dan budaya masyarakat.

Terkait dengan tujuan pemberdayaan, Kepala Desa Langko (MAWARDI)  menjelaskan bahwa tujuan yang ingin dicapai dari pemberdayaan masyarakat adalah untuk membentuk individu dan masyarakat menjadi mandiri. Kemandirian tersebut meliputi kemandirian berpikir, bertindak dan mengendalikan apa yang mereka lakukan. Kemandirian masyarakat merupakan suatu kondisi yang dialami oleh masyarakat yang ditandai dengan kemampuan memikirkan, memutuskan serta melakukan sesuatu yang dipandang tepat demi mencapai pemecahan masalah yang dihadapi dengan mempergunakan daya/kemampuan yang dimiliki.

Pemberdayaan Masyarakat adalah salah satu konsentrasi yang fokus pada pembangunan dan pengembangan masyarakat yang bertujuan untuk mengoptimalkan potensi sumber daya, baik Sumber Daya Alam maupun Sumber Daya Manusia. Upaya pemberdayaan masyarakat bisa ditujukan kepada individu, kelompok, ataupun lembaga masyarakat, salah satunya adalah pemberdayaan masyarakat Kelompok Sadar Wisata (POKDARWIS) Desa Langko Kecamatan Lingsar Kabupaten Lombok Barat yang merupakan upaya pemberdayaan masyarakat yang dilakukan dengan  melibatkan masyarakat Dusun se-Desa Langko. Keterlibatan tersebut dimulai sejak dijadikannya Desa Langko sebagai salah satu tempat wisata.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *